Pra-Annual Meeting APTFMA: Farmasi Unimman Tuan Rumah Rakernas 2022

Prof. Dr. apt. Dyah Aryani Perwitasari, Ph.D. (Ketua APTFMA bersama 2 pengurus APTFMA lainnya) berfoto bersama dosen-dosen Farmasi di wilayah timur Indonesia. (15/06/2022)

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Asosisasi Perguruan Tinggi Farmasi Muhammadiyah dan Aisyiyah (APTFMA) melakukan rapat koordinasi untuk membahas persiapan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APTFMA Tahun 2022. Pra-Annual Meeting ini dilaksanakan di Kota Makassar, tepatnya di Universitas Muhammadiyah Makassar yang berlangsung pada tanggal 14-15 Juni 2022. Kegiatan ini disandingkan dengan pelaksanaan workshop terkait kurikulum dan persiapan pendirian Program Studi Profesi Apoteker (PSPA).

Kegiatan ini dihadiri tiga pengurus APTFMA dan lima perwakilan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) di wilayah timur Indonesia yang memiliki program studi farmasi (diploma dan sarjana). Pengurus APTFMA yang hadir di antaranya, Prof. Dr. apt. Dyah Aryani Perwitasari, Ph.D. (Dekan Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan selaku Ketua APTFMA), apt. Didik Setiawan, Ph.D. (Dekan Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto), dan apt. Pinasti Utami, M.Sc. (Dosen Farmasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta). Kelima perwakilan PTMA undangan dihadiri oleh apt. Rahmat Ismail, M.Farm. (Kaprodi D3 Farmasi Universitas Muhammadiyah Manado), apt. Lukman Hardia, M.Si. (Kaprodi S1 Farmasi Universitas Muhammadiyah Sorong), apt. Sulaiman Badra, M.Kes. (Kaprodi S1 Farmasi Universitas Muhammadiyah Makassar), Fitriana Bunyanis, S.Si., M.Kes. (Kaprodi S1 Farmasi Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Muhammadiyah Sidrap), Wahyuni L. Ode, S.Farm., M.Kes. (Kaprodi D3 Farmasi Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Muhammadiyah Sidrap), dan Izal Zahran, S.Farm., M.Sc. (Dosen S1 Farmasi Universitas Muhammadiyah Palopo).

Setelah dilakukan musyawarah, diputuskan Prodi D3 Farmasi Universitas Muhammadiyah Manado (Unimman) menjadi tuan rumah Rakernas APTFMA 2022. Ketua APTFMA mengajak lima PTMA yang diundang selaku panitia untuk sama-sama mensukseskan kegiatan tahunan ini. Rencananya, rakernas akan dilaksanakan pada bulan Oktober tahun 2022. Menjadi tuan rumah tentu memberikan rasa kebanggan tersendiri bagi Unimman yang belum lama ini beralih bentuk dari sekolah tinggi menjadi universitas. Di sisi lain, ini menjadi tantangan yang harus dipenuhi demi mengemban amanah dari APTFMA. Sami’na wa atho’na.

Rakernas APTFMA nantinya akan diikuti oleh sekitar 27 PTMA yang memiliki program studi diploma farmasi, sarjana farmasi, dan profesi apoteker. Kegiatan ini diharapkan mampu mempererat silaturahim antar sesama Amal Usaha Muhammadiyah. Tentunya ini akan menjadi kegiatan tahunan yang luar biasa dengan mengemban tujuan mulia, mengembangkan pendidikan kefarmasian di Indonesia, khususnya di wilayah timur Indonesia. Sampai bersua di Manado, insya Allah.

Suasana setelah kegiatan workshop kurikulum dan pendirian PSPA. (15/06/2022)

2 Replies to “Pra-Annual Meeting APTFMA: Farmasi Unimman Tuan Rumah Rakernas 2022”

  1. Bismillah..
    Alhamdulillahirrabilalamin.. Suatu kebanggaan bagi kami mahasiswa UNIMMAN dimana kampus UNIMMAN menjadi tuan rumah acara tahunan ini. Semoga Allah mudahkan sampai hari H nyaa, diberikan kesehatan kepada para Bapak/ibu dosen dan seluruh yang ada dikampus UNIMMAN.. aamiin 🤲😇🙏

    1. Alhamdulillah, insya Allah. Jangan lupa berpartisipasi sukseskan acara nanti ya. Kami butuh bantuan mahasiswa juga pastinya. 🙏

Leave a Reply

Your email address will not be published.