Prodi D3 Farmasi Tinjau Ulang Visi Misi

Kaprodi D3 Farmasi (apt. Rahmat Ismail, M.Farm.) saat memberikan penjelasan terbentuknya visi misi baru prodi. (20/11/2021)

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dalam rangka mempersiapkan re-akreditasi di tahun 2023, Prodi D3 Farmasi Stikes Muhammadiyah Manado mulai mengambil langkah cepat. Mengingat masih ada 2 tahun lagi, bukan menjadi alasan untuk menunda persiapan tersebut. Salah satu persiapan yang telah dilakukan adalah meninjau kembali visi misi lama dan membentuk visi misi prodi yang baru. Olehnya itu, Prodi D3 Farmasi mengadakan kegiatan ini dengan mengundang stakeholder dari pihak luar untuk memberikan kritik dan masukan terkait visi misi Prodi D3 Farmasi.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 20 November 2021 yang berlangsung secara luring di Stikes Muhammadiyah Manado maupun daring via Zoom Meeting. Adapun undangan yang hadir di antaranya Direktur PT. HGI, perwakilan Dinkes Kota Manado, perwakilan Apoteker Penanggung Jawab rumah sakit, puskesmas, dan apotek, serta perwakilan alumni D3 Farmasi yang telah bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan.

Salah satu perwakilan dari Kimia Farma Apotek memberikan saran dalam peninjauan visi misi Prodi D3 Farmasi. (20/11/2021)

Dalam sambutannya, kaprodi D3 Farmasi (apt. Rahmat Ismail, M.Farm.) menyambut baik antusias para undangan dalam memberikan masukan, baik terkait langsung dengan visi misi maupun kebutuhan yang diharapkan terhadap alumni Prodi D3 Farmasi. Beliau menyampaikan bahwa tujuan akhir dari kegiatan ini ialah untuk membuat suatu formula baru menyiapkan lulusan yang berakhlak mulia dan profesional di bidang kefarmasian saat diterima bekerja di sarana pelayanan kesehatan maupun instansi kefarmasian lainnya.

Persiapan re-akreditasi tidak berhenti di sini saja. Tindak lanjut dari kegiatan ini ialah dengan merekonstruksi kurikulum yang sudah ada. Perlu adanya pembaruan dan penyegaran dalam kurikulum untuk mencapai visi misi yang telah ada. Tujuannya tiada lain untuk menghasilkan output (lulusan) yang unggul. Output yang unggul tentunya harus didukung oleh input dan process yang unggul pula. Dengan pembaruan tersebut diharapkan dapat juga menjadi solusi utama dalam menyiapkan mahasiswa farmasi untuk menghadapi UKTTK ke depannya.

Alhamdulillah, Prodi D3 Farmasi Stikes Muhammadiyah Manado masuk dalam 5 besar dengan presentase kelulusan tertinggi di Regional 5 APDFI pada UKTTK tahun 2021. Hasil yang diperoleh jauh lebih baik dibandingkan dengan UKTTK sebelumnya dan melampaui target yang diinginkan. Diharapkan dengan segala bentuk perbaikan yang telah dilakukan di tingkat internal prodi, target UKTTK semakin baik karena didukung oleh output yang unggul sesuai dengan visi yang diemban Prodi D3 Farmasi Stikes Muhammadiyah Manado.

Undangan dari luar kota ikut serta via Zoom Meeting. (20/11/2021)
Foto bersama staf dan dosen Prodi D3 Farmasi dengan stakeholder yang hadir secara luring. (20/11/2021)

Leave a Reply

Your email address will not be published.